Selasa, 22 Januari 2013
New Media Di Masyarakat
New Media adalah istilah untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “New Media” adalah digital, memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dari new media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. New Media menyodorkan kemungkinan permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan new media dengan media tradisional bukan dari digitalisasi konten media ke bit, melainkan dari kehidupan dinamis dari konten baru "media" dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan media lainnya. New Media baru-baru ini banyak diminati oleh masyarakat karena mudah diakses secara elektronik, informasi dan format database oleh karena itu kita dengan mudah mengambil informasi.Terutama menarik bagi sebagian komunitas Facebook dan Twitter, dua situs ini dimana orang dapat bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring.
Manfaat New Media
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa.manfaatnya yaitu pelajar atau mahasiswa bisa mencari bahan bahan materi yang di perlukan oleh mereka dengan mudah, lalu manfaat lainnya pelajar atau mahasiswa sudah tidak perlu lagi membeli buku , karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku digital yang dapat membatu untuk mencari materi yang dibutuhkan.
Aplikasi New Media
1. Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial yang sangat populer si dunia saat ini, facebook sering kali di gunakan sebagai aplikasi untukr pertemanan dan sekarang facebook sering di gunakan sebabai ajang bisnis.
2. Google
Google adalah mesin pencari yang sangat populer, dengan menggunakan google kita dengan mudah mencari informasi yang kita perlukan.
3. Android dan IOS
Dampak Negatif dan Positif dari Social Network (New Media) terhadap Anak-anak dan para Remaja
Dalam perkembangan teknologi saat ini pasti memiliki sisi yang betolak belakang yaitu baik maupun buruknya. Demikian juga halnya dengan pengguna internet ada sisi yang baik ada juga sisi yang buruknya
Berikut adalah sisi baik (positif)
Anak – anak dan para remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini yang tidak mereka daptkan di dunia nyata sehingga merekan tidak ketinggalan zaman, serta mereka dapat belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan (social network) .
Dapat memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring social (social network), para remaja menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain baik di luar kota, prvinsi bahkan sampai ke seluruh dunia, sehingga saat kita membutuhkan sesuatu kita dapat meminta bantuan melalui teman di social network, juga memperdalam ilmu pengetahuan kita melalui gabung dalam suatu grup yang memiliki pola pikir sama dengan kita
Anak – anak dan para remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka kenal melalui dunia nyata, karena di sini mereka berinteraksi satu sama lainnya
Berikut adalah dampak buruk (negative)
Anak – anak dan para remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata (sayko). Pemahaman terhadap bahasa pun menjadi terganggu serta prilaku sehari – hari pun berubah. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pola pikir mereka juga akan berubah bahkan cenderung manjadi pembangkang.
Situs jejaring sosial akan membuat anak - anak dan para remaja lebih mementingkan diri sendiri (egois). Mereka cenderung bertolak belakang dengan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati dan peduli terhadap sekitarnya.
Situs jejaring social (social network) adalah suatu wadah yang menguntungkan bagi para penjahat dunia maya untuk melakukan aktifitas kejahatannya. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru dikenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau hanya suatu embel – embel untuk melakukan aksinya. Untuk itu kita harus lebih berhati – hati dalam berteman di dalam social network karena kita tidak tahu apa tujuan dan maksud orang tersebut apakah baik atau tidak
Selasa, 27 Maret 2012
Manusia dan Kebudayaan
A. Manusia dan hakikat manusia
Manusia Unsur-unsur yang membangun manusia :
Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik, dan dapat dipandang dari banyak segi dan mempunyai banyak kepentingan. Ada dua pandangan yang akan kita jadijan acuan tentang unsur-unsur yang membangun manusia, yaitu :
1. Manusia yang terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu Jasad (badan kasar manusia yang Nampak luarnya , dapat diraba dan difoto dan menempai ruang dan waktu. Hayat (mengandung unsure hidup yang ditandai dengan gerak), Ruh (daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran), dan Nafas (kesadaran tentang diri sendiri).
2. Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur ,yaitu : Ide (merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak), Ego (bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari ide), dan Superego (struktur kepribadian yang paling akhir muncul kira-kira pada usia 5 tahun yang terbantuk dari lingkungan ektstenal).
Hakekat Manusia Beberapa Definisi Manusia :
1. Manusia adalah makhluk utama, yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat hakikat yg mulia.
2. Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatannya yg luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusiaan telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yg bebas – kepadanya dunia alam –world of nature–, sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua determinasi eksistensial, kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhan
3. Manusia adalah makhluk yg sadar. Ini adalah kualitasnya yg paling menonjol; Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yg menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yg tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. Dengan demikian ia melewati batas penginderaannya dan memperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau dan masa mendatang, ke dalam waktu yg tidak dihadirinya secara objektif. Ia mendapat pegangan yg benar, luas dan dalam atas lingkungannya sendiri. Kesadaran adalah suatu zat yg lebih mulia daripada eksistensi.
4. Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.
5. Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan.
6. Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yg ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yg ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya.
7. Manusia adalah makhluk moral. Di sinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai.Nilai terdiri dari ikatan yg ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yg lebih tinggi daripada motif manfaat timbul.
8. Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yg bersifat istimewa dan mulia.
B. kepribadian bangsa timur
Kepribadian Bangsa Timur Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan.Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi.Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik.Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.
Bercerita tentang kepribadian bangsa timur, Indonesia memiliki beragam budaya, suku dan adat istiadat. Indonesia termasuk dalam bagian negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran. Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama.Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara barat, karena pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda.Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai dan gotong royong selalu menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia.
Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat.Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri. Kita tidak bisa selalu mengatakan budaya timur itu lebih baik daripada budaya barat.
C. unsur, wujud, dan orientasi kebudayaan
- Unsur-unsur Kebudayaan Tujuh unsur kebudayaan universal :
1. Sistem Religi (Sistem Kepercayaan)
2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
3. Sistem Pengetahuan
4. Sistem mata Pencaharian Hidup dan Sistem-sistem ekonomi
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian
- Wujud Kebudayaan Tiga wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya :
1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
Wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya, atau dengan perkataan lain, dalam alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkutan hiidup.
2. Kompleks aktivitas
Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati atau diobservasi, dan sering disebut sistem sosial.
3. Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya.Aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk berbagai keperluan hidupnya.kebudayaan dalam bentuk fisik yang kongkret bisa juga disebut kebudayaan fisik, mulai dari benda yang diam sampai pada benda yang bergerak.
- Orientasi Nilai Budaya Menggunakan 5 masalah pokok kehidupan manusia dalam sisitem nilai budaya :
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia yaitu :
1. Hakekat Hidup Manusia (MH)
2. Hakekat Karya Manusia (MK)
3. Hakekat Waktu Manusia (WM)
4. Hakekat Alam manusia (MA)
5. Hakekat Hubungan Manusia (MN)
D. perubahan budaya dan kaitan manusia dengan budaya
- Perubahan Kebudayaan Faktor – faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru :
1. Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
2. Jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan harus disensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajaran agama yang berlaku.
3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru, misal sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru.
5. Apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah dibuktikkan kegunaanya oleh warga masyarakat yang bersangkutan
- Kaitan Manusia dan Kebudayaan Hubungan antara manusia dan kebudayaan :
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/tugas-ilmu-budaya-dasar-hakikat-manusia-kebudayan
Manusia Unsur-unsur yang membangun manusia :
Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik, dan dapat dipandang dari banyak segi dan mempunyai banyak kepentingan. Ada dua pandangan yang akan kita jadijan acuan tentang unsur-unsur yang membangun manusia, yaitu :
1. Manusia yang terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu Jasad (badan kasar manusia yang Nampak luarnya , dapat diraba dan difoto dan menempai ruang dan waktu. Hayat (mengandung unsure hidup yang ditandai dengan gerak), Ruh (daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran), dan Nafas (kesadaran tentang diri sendiri).
2. Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur ,yaitu : Ide (merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak), Ego (bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari ide), dan Superego (struktur kepribadian yang paling akhir muncul kira-kira pada usia 5 tahun yang terbantuk dari lingkungan ektstenal).
Hakekat Manusia Beberapa Definisi Manusia :
1. Manusia adalah makhluk utama, yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat hakikat yg mulia.
2. Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatannya yg luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusiaan telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yg bebas – kepadanya dunia alam –world of nature–, sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua determinasi eksistensial, kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhan
3. Manusia adalah makhluk yg sadar. Ini adalah kualitasnya yg paling menonjol; Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yg menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yg tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. Dengan demikian ia melewati batas penginderaannya dan memperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau dan masa mendatang, ke dalam waktu yg tidak dihadirinya secara objektif. Ia mendapat pegangan yg benar, luas dan dalam atas lingkungannya sendiri. Kesadaran adalah suatu zat yg lebih mulia daripada eksistensi.
4. Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.
5. Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan.
6. Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yg ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yg ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya.
7. Manusia adalah makhluk moral. Di sinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai.Nilai terdiri dari ikatan yg ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yg lebih tinggi daripada motif manfaat timbul.
8. Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yg bersifat istimewa dan mulia.
B. kepribadian bangsa timur
Kepribadian Bangsa Timur Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan.Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi.Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik.Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.
Bercerita tentang kepribadian bangsa timur, Indonesia memiliki beragam budaya, suku dan adat istiadat. Indonesia termasuk dalam bagian negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran. Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama.Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara barat, karena pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda.Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai dan gotong royong selalu menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia.
Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat.Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri. Kita tidak bisa selalu mengatakan budaya timur itu lebih baik daripada budaya barat.
C. unsur, wujud, dan orientasi kebudayaan
- Unsur-unsur Kebudayaan Tujuh unsur kebudayaan universal :
1. Sistem Religi (Sistem Kepercayaan)
2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
3. Sistem Pengetahuan
4. Sistem mata Pencaharian Hidup dan Sistem-sistem ekonomi
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian
- Wujud Kebudayaan Tiga wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya :
1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
Wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya, atau dengan perkataan lain, dalam alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkutan hiidup.
2. Kompleks aktivitas
Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati atau diobservasi, dan sering disebut sistem sosial.
3. Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya.Aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk berbagai keperluan hidupnya.kebudayaan dalam bentuk fisik yang kongkret bisa juga disebut kebudayaan fisik, mulai dari benda yang diam sampai pada benda yang bergerak.
- Orientasi Nilai Budaya Menggunakan 5 masalah pokok kehidupan manusia dalam sisitem nilai budaya :
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia yaitu :
1. Hakekat Hidup Manusia (MH)
2. Hakekat Karya Manusia (MK)
3. Hakekat Waktu Manusia (WM)
4. Hakekat Alam manusia (MA)
5. Hakekat Hubungan Manusia (MN)
D. perubahan budaya dan kaitan manusia dengan budaya
- Perubahan Kebudayaan Faktor – faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru :
1. Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.
2. Jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan harus disensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajaran agama yang berlaku.
3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru, misal sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru.
5. Apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah dibuktikkan kegunaanya oleh warga masyarakat yang bersangkutan
- Kaitan Manusia dan Kebudayaan Hubungan antara manusia dan kebudayaan :
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/tugas-ilmu-budaya-dasar-hakikat-manusia-kebudayan
Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
- Pengertian IBD
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
- Tujuan IBD Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
- Ruang Lingkup IBD Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD.
Sumber : "http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar
- Tujuan IBD Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
- Ruang Lingkup IBD Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD.
Sumber : "http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar
Selasa, 20 Desember 2011
Plagiarisme
Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
Dalam undang-undang Hak Cipta UU No 19 tahun 2002 delik yang berlaku adalah delik aduan. Jadi jika pemilik Hak Cipta, misalkan penulis buku, pencipta lagu merasa dirugikan oleh orang lain yang melakukan plagiarisme dan pembajakan karyannya maka Polisi dapat menindaknya. Delik aduan ini biasanya terjadi manakala ada kerugian berkaitan dengan Hak Moral dan Hak Ekonomi dari pemilik Hak Cipta. Jadi walaupun seseorang pemilik Hak Cipta sah itu tidak melaporkannya sebagai delik aduan, namun manakala masyarakat mengetahui bahwa telah terjadi pemalsuan dan pembajakan sebuah karya maka sanksi moral dan sanksi sosial dari masyarakatlah yang terjadi.
Menurut saya plagiarisme adalah sebuah perbuatan yang tidak baik dan patut dicontoh karena mereka telah mencuri karya atau ide yang bukan milik mereka dan itu mungkin dapat merugikan pemilik karya sebenernya. dan oleh karena itu solusi untuk plagiarisme adalah seorang plagiarisme seharusnya mendapat sebuah sebuah sanski hukum agar tidak melahirkan plagiarisme - plagiarisme lainnya. dan jika ingin mengcopy sebuah karya seseorang hendaknya tuliskan lah sumbernya, (contoh dalam sebah blog hendaknya menuliskan sumber copyan yang kita ambil).
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme http://edukasi.kompasiana.com/2010/08/24/plagiat-dan-pelanggaran-hak-cipta/
Dalam undang-undang Hak Cipta UU No 19 tahun 2002 delik yang berlaku adalah delik aduan. Jadi jika pemilik Hak Cipta, misalkan penulis buku, pencipta lagu merasa dirugikan oleh orang lain yang melakukan plagiarisme dan pembajakan karyannya maka Polisi dapat menindaknya. Delik aduan ini biasanya terjadi manakala ada kerugian berkaitan dengan Hak Moral dan Hak Ekonomi dari pemilik Hak Cipta. Jadi walaupun seseorang pemilik Hak Cipta sah itu tidak melaporkannya sebagai delik aduan, namun manakala masyarakat mengetahui bahwa telah terjadi pemalsuan dan pembajakan sebuah karya maka sanksi moral dan sanksi sosial dari masyarakatlah yang terjadi.
Menurut saya plagiarisme adalah sebuah perbuatan yang tidak baik dan patut dicontoh karena mereka telah mencuri karya atau ide yang bukan milik mereka dan itu mungkin dapat merugikan pemilik karya sebenernya. dan oleh karena itu solusi untuk plagiarisme adalah seorang plagiarisme seharusnya mendapat sebuah sebuah sanski hukum agar tidak melahirkan plagiarisme - plagiarisme lainnya. dan jika ingin mengcopy sebuah karya seseorang hendaknya tuliskan lah sumbernya, (contoh dalam sebah blog hendaknya menuliskan sumber copyan yang kita ambil).
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme http://edukasi.kompasiana.com/2010/08/24/plagiat-dan-pelanggaran-hak-cipta/
Kamis, 17 November 2011
Maskot Sea Games dari Masa ke Masa
Inilah Maskot Sea Games 2011
Indonesia Sea Games Organizing Committee akhirnya resmi sudah meluncurkan maskot SEA Games 2011 Jakarta dan Palembang Modo-Modi di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Senin (25/4) malam kemarin.
Modo-Modi adalah maskot yang berbentuk Komodo, seekor kadal terbesar di dunia. Peluncura maskot ini juga bertepatan dengan 200 hari hitungan mundur pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Peluncuran maskot Modo-Modi selain dilakukan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta serta di Palembang. Pada peluncuran maskot ini, dilakukan acara seremonial dengan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, Ketua INASOC Rahmat Gobel, Wagub DKI Prijanto, Ketua KONI Sumatra Selatan Mudai Maddang, para undangan dan perwakilan atlet. Acara ini juga turut dimeriahkan oleh musisi-musisi yang sudah terkenal di Indonesia, seperti The Cangcuters, Vidy Aldiano, Bagindas, Yovie and Nuno, Delon dan Judika. SEA Games 2011, 11-25 November dilakukan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang dan diikuti oleh atlet-atlet dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingan sebanyak 43 cabang. Dari jumlah itu Palembang yang juga menjadi tempat pembukaan dan penutupan SEA Games akan menggelar 22 pertandingan cabang dan Jakarta 22 cabang (sepak bola dilakukan di dua tempat) Dari 43 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada SEA Games XXVI ini ada dua cabang yang baru dipertandingkan di Indonesia yaitu Vovinam dan Pentaque. Kedua cabang ini akan dipertandingkan terpisah yaitu di Jakarta dan Palembang. Sebagai tuan rumah, atlet-atlet yang akan turun di SEA Games 2011 ditargetkan mampu meraih banyak mendali emas dan mampu menjadi juara umum event olahraga terbesar di Tanah Ai
Modo-Modi adalah maskot yang berbentuk Komodo, seekor kadal terbesar di dunia. Peluncura maskot ini juga bertepatan dengan 200 hari hitungan mundur pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Peluncuran maskot Modo-Modi selain dilakukan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta serta di Palembang. Pada peluncuran maskot ini, dilakukan acara seremonial dengan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, Ketua INASOC Rahmat Gobel, Wagub DKI Prijanto, Ketua KONI Sumatra Selatan Mudai Maddang, para undangan dan perwakilan atlet. Acara ini juga turut dimeriahkan oleh musisi-musisi yang sudah terkenal di Indonesia, seperti The Cangcuters, Vidy Aldiano, Bagindas, Yovie and Nuno, Delon dan Judika. SEA Games 2011, 11-25 November dilakukan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang dan diikuti oleh atlet-atlet dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingan sebanyak 43 cabang. Dari jumlah itu Palembang yang juga menjadi tempat pembukaan dan penutupan SEA Games akan menggelar 22 pertandingan cabang dan Jakarta 22 cabang (sepak bola dilakukan di dua tempat) Dari 43 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada SEA Games XXVI ini ada dua cabang yang baru dipertandingkan di Indonesia yaitu Vovinam dan Pentaque. Kedua cabang ini akan dipertandingkan terpisah yaitu di Jakarta dan Palembang. Sebagai tuan rumah, atlet-atlet yang akan turun di SEA Games 2011 ditargetkan mampu meraih banyak mendali emas dan mampu menjadi juara umum event olahraga terbesar di Tanah Ai
Senin, 14 November 2011
Hubungan Negara Dengan Hukum
Hubungan antara negara dan hukum saling berkaitan, karena suatu negara jika tidak mempunyai hukum yang berlaku di dalamya. Negara tersebut tidak akan terta dengan baik, dan rakyat yang ada di dalam negara tersebutpun akan bertindak semena - mena karena tidak ada lagi peraturan yang membatasi mereka.
Kamis, 03 November 2011
ClearVir KLIKBEBAS (penghilang virus shortcut terampuh)
Nih link downloadnya --> Silahkan
Langsung aja ya gan caranya,
1. Restart Komputer (Sebaiknya menggunakan Deep Freeze)
2. Copykan File CleanVir ke desktop (terserah bagaimana caranya mo dari flashdisk boleh pokoknya flashdisk bebas dari virus). Klo blum punya Download DISINI
3. Nah ini yang penting. Siapkan flshdisk yang sudah terjangkit virus "Copy of Shortcut" atau virus Ramnit. Eittt tunggu dulu, jangan di colokin dulu tu flashdisk.
4. Sebelum mencolokkan (bahasa yg enakan ap ya???) flashdisk ke kompi pastikan :
- Nonaktifkan AutoRun (caranya cari d google deh)
- Jangan buka program apapun (Windows Explorer, Anti virus, atau apapun)
- Jangan melakukan klik kanan sampai selesai proses penghapusan virus ini selesai (karena ni virus bisa aktif hanya dengan klik kanan).
5. Ok. klo sudah paham yang saya maksud, boleh deh colokin tu flashdisk yang sudah terjangkit Virus Copy of Shortcut / Ramnit. (INGAT YA JANGAN BUKA PROGRAM APAPUN ATAU KLIK KANAN SELAMA FLASDISK DI COLOK)
6. Buka file CleanVir yang di desktop tadi.
- Pilih 1 --> Enter
- Pilih drive dimana letak flashdisk -->
Eittt jangan buka Windows Explorer, harus hafal dimana letak drive Flashdisk di komputer, klo blum tau letaknya, cabut langsung tu Flasdisk tanpa di Eject atau tanpa Safety Remove. Kemudian lihat di drive mana flashdisk biasa di colok. (Hufff... ribet ngejelasinnya, yang penting taulah maksud saya)
- Klo ada pilihan Y/N pilih aja Y (tunggu aja sampai proses selesai)
- Klo blum yakin virusnya sudah hilang atau belum..... ulangi lagi dari No. 5
Langsung aja ya gan caranya,
1. Restart Komputer (Sebaiknya menggunakan Deep Freeze)
2. Copykan File CleanVir ke desktop (terserah bagaimana caranya mo dari flashdisk boleh pokoknya flashdisk bebas dari virus). Klo blum punya Download DISINI
3. Nah ini yang penting. Siapkan flshdisk yang sudah terjangkit virus "Copy of Shortcut" atau virus Ramnit. Eittt tunggu dulu, jangan di colokin dulu tu flashdisk.
4. Sebelum mencolokkan (bahasa yg enakan ap ya???) flashdisk ke kompi pastikan :
- Nonaktifkan AutoRun (caranya cari d google deh)
- Jangan buka program apapun (Windows Explorer, Anti virus, atau apapun)
- Jangan melakukan klik kanan sampai selesai proses penghapusan virus ini selesai (karena ni virus bisa aktif hanya dengan klik kanan).
5. Ok. klo sudah paham yang saya maksud, boleh deh colokin tu flashdisk yang sudah terjangkit Virus Copy of Shortcut / Ramnit. (INGAT YA JANGAN BUKA PROGRAM APAPUN ATAU KLIK KANAN SELAMA FLASDISK DI COLOK)
6. Buka file CleanVir yang di desktop tadi.
- Pilih 1 --> Enter
- Pilih drive dimana letak flashdisk -->
Eittt jangan buka Windows Explorer, harus hafal dimana letak drive Flashdisk di komputer, klo blum tau letaknya, cabut langsung tu Flasdisk tanpa di Eject atau tanpa Safety Remove. Kemudian lihat di drive mana flashdisk biasa di colok. (Hufff... ribet ngejelasinnya, yang penting taulah maksud saya)
- Klo ada pilihan Y/N pilih aja Y (tunggu aja sampai proses selesai)
- Klo blum yakin virusnya sudah hilang atau belum..... ulangi lagi dari No. 5
Langganan:
Postingan (Atom)