Kamis, 30 Oktober 2014

Pengantar Bisnis Informatika

 Kelompok 2
sub team 1 (regulasi aturan membuat perusahaan)
Dim Dim Ibrahim
Rian Ganti Nama
Janu Parinduri
Sub team 3(pemasaran jasa/produk)
Ferina Caessari Widodo
Bayu Yonar
sub team 4(aspek keuangan dlm bisnis)
Richo AreViant
Rizqi Nur 

Sub 2 : Sumber Daya Manusia dan Organisasi
Oleh : M Rahman Darmawan 54411217 ()
           Kintan Yulanda 54411005  (http://kintanyulanda.blogspot.com/)
           Yoel Elbin Samuel 57411515 (http://pencari-ilmu2011.blogspot.com/)

SUMBER DAYA MANUSIA dan ORGANISASI

 Sumber Daya Manusia

 

Karyawan sebagai sumberdaya utama perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan memberikan kinerja yang optimal sehingga konsumen merasa terlayani dengan baik dan merasa puas. Karena jika konsumen merasa tidak puas dapat melakukan komplain yang dapat merusak citra perusahaan. Hal ini menunujukkan bahwa sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Sumber daya manusia mempunyai fungsi mengelola input yang dimiliki perusahaan secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang diharapkan oleh perusahaan.
Oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin membuat para karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dalam keadaan yang tenang dan nyaman, tanpa ada ketegangan dan kecemasan yang dirasakan. Kondisi ini bukan hanya menyangkut keadaan fisik saja, melainkan juga berhubungan dengan hubungan sosial dengan orang lain dan suasana psikologis di tempat kerja. Dengan suasana kerja atau lingkungan kerja yang menyenangkan akan membuat karyawan bekerja secara optimal.

Dalam implementasi sehari-hari, organisasi dapat dengan mudah menerjemahkan dengan menggalang komunikasi dan kebersamaan dari tingkat paling bawah hingga paling atas. Ibaratnya, kalau di saat krisis perusahaan menghapus uang makan atau meniadakan jatah minum kopi, umpamanya, hal itu berlaku untuk semua orang, tanpa terkecuali. Diskriminasi akan menjadi biang kerok yang memicu suasana tidak kondusif dalam membangun semangat kebersamaan dan motivasi kerja tinggi. Kesadaran bahwa semua SDM berada di atas kapal yang sama, perlu digalang. Khususnya jika menyadari, seluruh SDM adalah awak kapal, bukan penumpang yang enak-enakan dan tetap dibayar.
Adapun kemampuan unggul bisa diperoleh dengan dua hal: sistem rekrutmen yang baik serta fasilitas pelatihan — internal maupun eksternal. Setiap SDM pasti memiliki kemampuan dasar yang diperoleh dari pendidikan formal maupun 
informal. Kemampuan ini kemudian diasah dengan model pelatihan, tergantung kebutuhan dan kepentingan perusahaan. Dalam hal ini, perlu ditekankan peningkatan profesionalisme SDM. Artinya, SDM tidak harus melulu menguasai satu bidang keahlian saja. Sebagai profesional di perusahaan yang tumbuh dan bergerak cepat, mereka juga harus mampu dan menguasai bidang-bidang lain yang terkait. Untuk menjadi ahli administrasi, misalnya, dibutuhkan pengetahuan tentang rekayasa ulang atau seluk-beluk kegiatan lini. Dengan kata lain, peningkatan profesionalisme SDM mutlak diperlukan guna memainkan peran barunya.


Struktur Organisasi 

Sebagai perusahaan tentunya harus mempunyai sebuah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi merupakan suatu garis susunan yang menjelaskan bagian - bagian susunan perusahaan dimana tiap individu yang ada pada lingkup perusahaan tersebut mempunyai posisi serta peranan sendiri-sendiri. Secara garis besar terdapat 5 model struktur perusahaan yaitu :



Susunan Organisasi Fungsional

Susunan organisasi yang didasarkan pada peran masing-masing individu karyawan. Minimal terdiri dari 5 divisi, yaitu divisi pemasaran, divisi pembelajaran, divisi produksi, divisi personalia, serta divisi umum.



Susunan Organisasi Proyek

Dibentuk untuk melakukan 1 projek kerja pada perusahaan. Susunan organisasi ini dapat dieleminasi saat projek sudah selesai.



Susunan Organisasi Matriks

Dibentuk untuk melakukan bermacam projek yang dikembangkan oleh perusahaan. Susunan ini dikepalai oleh vice president. Serta dibawahnya ada manajer yang bertugas merampungkan projek.



Susunan Organisasi Usaha

Susunan organisasi yang ada pada suatu perusahaan yang didasari oleh ada pengembangan produk serta riset-riset usaha sehingga komponennya jadi lebih luas.



Susunan Organisasi Tim Kerja

Susunan organisasi temporal dalam suatu perusahaan yang umumnya dibentuk untuk kondisi-kondisi tidak terduga atau ada proyek mendadak. Susunan ini dibentuk dari personil-personil yang handal.


Contoh Gambar Struktur Organisasi
 
 
Hubungan SDM dengan Organisasi/Perusahaan
 
Tujuan suatu organisasi ataupun suatu perusahaan akan lebih mudah dicapai jika didukung dengan manajemen sumber daya manusia yang baik, Salah satunya dengan mempekerjakan pegawai yang kompeten dan berkualitas Jika pegawai yang telah dianggap belum memenuhi kebutuhan SDM yang diharapkan maka perlu dilaksanakan beberapa strategi diantaranya sesuai dengan fungsi manajemen SDM yaitu pengembangan pegawai dan memaksimalkan manajemen SDM, akan tetapi metode dan hal-hal lain yang bersangkutan dengan pengembangan pegawai harus tepat sasaran agar pengembangan pegawai yang direncanakan tidak sia-sia.
Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK)

Pengertian Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK)

Menurut PMK No. 100/PMK.02/2010 pasal 1:

1. Standar Biaya adalah besaran biaya yang ditetapkan sebagai acuan

penghitungan kebutuhan biaya kegiatan, baik yang bersifat umum

maupun yang bersifat khusus.

2. Standar Biaya yang Bersifat Umum, yang selanjutnya disebut

Standar Biaya Umum (SBU), adalah satuan biaya berupa harga satuan,

tarif, dan indeks yang digunakan untuk menyusun biaya komponen

masukan kegiatan, yang ditetapkan sebagai biaya masukan.

3. Standar Biaya yang Bersifat Khusus, yang selanjutnya disebut

Standar Biaya Khusus (SBK) adalah besaran biaya yang dibutuhkan untuk

menghasilkan sebuah keluaran kegiatan yang merupakan

akumulasi biaya komponen masukan kegiatan, yang ditetapkan

sebagai biaya keluaran.
Sumber :

Kamis, 02 Oktober 2014

Virtual Reality

Pengetian


Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata.

Menurut saya VR(Virtual Reality) pada teknologi game ini seperti memayakan dunia nyata dan membuatnya di dalam bentuk 3 Dimensi serta dibuat seolah-olah dalam game itu kita seperti melakukan aktivitas yang ada seperti di dunia nyata.


Peranti Virtual Reality


Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walkerGlove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual realityHeadset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.

Cara Kerja Virtual Reality

Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Dua syarat yang harus ada dalam Virtual Reality adalah:
1. Gambar/ grafis/ penglihatan 3-D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna
2. Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan "dunia" 3-Dnya

      Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun paying dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.

Kelebihan dan kekurangan  Virtual Reality

Kekurangan dari Virtual Reality

      Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .
Kelebihan dari Virtual Reality
-          Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah.

-          Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.

-          Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable

       Game yang menggunakan Virtual Reality

Game-game yang menggunakan VR ini, bisa kita lihat di dalam game SIMS, Idol Street(Online), Audition, dll. Di mana pemain melakukan aksi seperti melakukan kehidupan di dunia nyata sehari-hari. seperti berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang sekitar walau hanya dalam bentuk 3 Dimensi.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

Pengantar Bisnis Informatika

My Future
     Jika saya lulus kuliah nanti rencana, serta persiapan saya adalah akan memperdalam dan mengembangkan diri saya menjadi seorang yang ahli dibidang database dan ingin menjadi seorang DBA (Data Base Administrator). Setelah itu saya  akan mencoba pengalaman kerja pada bidang jaringan komputer dan setelah sukses atau mempunyai pengalaman yang cukup,  kemudian saya akan membuat sebuah perusahaan jaringan komputer dengan nama "YolajoN" yang dimana perusahaan itu bergerak dibidang IT Consultant dan juga perusahan ini akan menyediakan dan memproduksi bergai macam produk dan juga sebuah jasa pelayan hosting .
     Sebagi ownner suatu perusahan saya tidak akan tinggal diam dan menyuruh anak buah saya saja tetapi saya juga akan turun ke dalam lapangan untuk terjun langsung sebagi seorang DBA juga.

Perusahaan saya menawarkan jasa  berupa : 
- Konfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator
- Pengamanan administrasi 
- Database design
- dan juga memproduksi alat - alat jaringan 

Perusahaan saya menawakan jasa tidak hanya untuk perusahan besar saja tetapi juga menawakan jasa untuk perusahaan kecil, pemerintahan, kampus.

Semoga cita - cita saya ini bisa menjadi kenyataan amin....
GBU. 
  

Minggu, 22 Juni 2014

Konsep Membuat Game Anti korupsi

  Dalam contoh kali ini misal saya akan membuat "GAME ANTI KORUPTOR".
1)      Hight Concept : GAME ANTI KORUPTOR
2)      Genre : Strategy Games dan Educational Games
3)  Game Play : Cara memainkan game ini, player bisa menggunakan mouse atau keyboard dari komputer player untuk bisa menangkap musuh (koruptor dan para pengawalnya).
4)      Features : Feature game kami adalah menggunakan teknology 3Dimensi dengan fitur player lokal (Indonesia) dengan nuansa background nusantara yang kental.
5)      Setting : Game ini di buat dengan konsep bernuansa lokal atau kedaerahan, dimana setting backgroundnya meliputi daerah-daerah yang unik di Indonesia yang lebih menonjolkan sumber daya alam dan seni, budaya di masing-masing daerah.
6)      Story
Tahap Awal : Player harus bisa menangkap para pengawal (prajurit) dan player harus terhindar dari perangkap (jebakan) yang di sediakan. Jika player tertangkap oleh pengawal atau player terkena jebakan sampai 3 kali maka game over (misi gagal).
Tahap Lanjut : setelah player berhasil melalui tahap awal selanjutnya player di haruskan bisa menangkap musuh utama atau koruptor sehingga bisa di kerangkeng seumur hidup dan player bisa melanjutkan ke tingkat level berikutnya dengan strategy yang lebih sulit dari level sebelumnya. Tapi sebaliknya jika player gagal menangkap koruptor maka game over (misi gagal)
Dan jika player bisa menyelesaikan (menang) sampai tahap akhir game, maka akan mendapatkan gelar pahlawan anti koruptor.
7)      Target Market
Para pelajar Indonesia usia 6tahun sampai 18tahun, karena sekarang ini Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya banyak (4besar dunia) dengan tingkat korupsi yang tinggi. Maka perlu adanya pemahaman untuk generasi muda khususnya pelajar untuk menghindari tindakan korupsi dan menyadari bahwa tindakan korupsi sangat merugikan dan perlu di hindari.
8)      Target Hardware Platform : Personal Computer (PC) dan Desktop
9)      Estimated Schedule and Budget
Estimated Sechedule dalam tahap pembuatan game ini adalah 3 bulan, dengan rincian:
Minggu Pertama
Konfigurasi instalasi, software, penyatuan ide dan gagasan
Minggu ke-2 sampai ke-5
Bag programmer mengerjakan project script tahap awal, bag desain mengerjakan desain tampilan tahap awal, bag editor menggabungkan kinerja dari bag desain dan programmer sehingga menjadi game tahap awal sebelum di ujikan, bag testing melakukan pengujian dan pengecekan dari bag editor
Minggu ke-6
Reviews dan perbaikan dari pengerjaan project tahap awal, termasuk bugs
Minggu ke-7 sampai ke-10
pengerjaan project game tahap lanjut sesuai job disknya masing-masing.
Minggu ke-11
Reviews dan perbaikan dari pengerjaan project tahap lanjut, termasuk bugs
Minggu ke-12 (terakhir)
Testing dan implementasi game
Untuk pembuatan game ini, kami membutuhkan budget /dana sebesar Rp 150.000.000 untuk bisa mendukung proses pembuatan game.
10)  Competitive Analysis
Game X sejenis
Game Anti Koruptor
Lebih sedikit unsur edukasinya, dan biasanya game-game edukasi hanya untuk anak kecil
Lebih educatif dan menyadarkan generasi muda untuk menghilangkan budaya korupsi.
Tampilan setting background yang umum
Tampilan background dengan konsep yang unik, dengan mononjolkan seni dan budaya Indonesia
Pilihan player yang umum
Pilihan player bisa memilih baju/pakaian adat Indonesia yang di inginkan.
Game ini lebih mengunggulkan dari unsur edukasi dan strategy dalam pengembangannya, serta unsur-unsur seni dan budaya Indonesia. Yang di dukung dengan tampilan visual 3dimensi, sehingga di harapkan bisa menarik untuk di mainkan player.

Sumber : http://dasar-pendidikan.blogspot.com/2013/06/contoh-konsep-proposal-pembuatan-game.html

Selasa, 01 April 2014

Pengantar Teknologi Game 1

Definisi Game
     Game atau dalam bahasa indonesia adalah permainan, adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam interksi buatan, permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Tujuan game itu sendiri adalah pastinya untuk menghibur pemain game itu sendiri.

Contoh Game : Minessweeper (Permainan Ketangkasan)

1.1 Game Minesweeper

      Minesweeper adalah permainan komputer untuk satu pemain. Tujuan permainan ini adalah untuk membersihkan lahan permainan tanpa mengenai ranjau. Permainan ini telah ditulis kembali untuk hampir semua platform. Versi yang paling terkenal adalah versi Minesweeper untuk Windows, yang disertakan dalam Windows 3.1 keatas. Game ini dibuat oleh Curt Johnson dan Robert Donner.
     Game ini bertujuan untuk membuka ubin-ubin yang berisi angka-angka dan menghindari bomb berduri, minessweeper terdapat 3 level yaitu :

- Beginner : 10 ranjau , ukuran ubin 9 x 9.

                                                                  1.2 Level Beginner

 - Intermediate : 40 ranjau , ukuran ubin 16 x 16.

 
1.3 Level Intermediate


- Advanced : 99 ranjau , ukuran ubin 16 x 30.

    1.3 Level Advanced

Permainan ini diawali dengan sebuah minefield kosong. Pemain harus membuka ubin yang dapat berisi ubin kosong,angka ataupun ranjau.Jika anda mengklik ranjau, maka permainan berakhir. Buka semua kotak yang kosong secepat mungkin untuk mendapatkan nilai yang tinggi dengan waktu tecepat.

  • Mulailah dengan bermain Custom, dengan Height dan Width maksimal, dan bombnya buat seminimal mungkin(10)
  • Klik lah salah satu dari minefield, dan akan terbuka hampir seluruhnya
  • Jika angka yang tertera adalah 1, maka disekitar angka 1 tersebut hanya ada satu bom, jika angkanya adalah 2, maka ada 2 bomb disekitar angka tersebut. Begitu juga dengan angka 3, 4, 5, 6, dan 7
  • Tandai daerah yang anda kira adalah bomb dengan klik kanan pada daerah tersebut
  • Jika anda sudah memenangkannya, cobalah ganti menjadi beginner, lalu intermediate, dan jika merasa sudah hebat, coba expert


Kekurangan Dan Kelebihan Game
 - Kelebihan Minesweeper :
1. Game ini mudah untuk dimainkan dan bisa semua kalangan usia memainkannya 
2. Memiliki tantangan beragam (di acak) sehingga membuat pemain tertarik memainkannya 
3. Dapat melatih kemampuan menganalisa ·

- Kekurangan Minesweeper :
 1. Game ini kurang dalam pembuatan level permainan
 2. Kurang dalam pembuatan tampilannya
 3. Kurang dalam variasi objek yang ada jika terdapat kenaikan level

 Saran
     Game ini harus menambahkan variasi tampilannya agar lebih menarik user/pemain, seperti menambahkan fitur suara dan tampilannya . Lalu di beri variasi saat kenaikan level agar semakin banyak nilai menarik yang terkumpul ddari permainan minesweepr ini, walaupun game ini adalah game jadul.

 Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Minesweeper
http://www.gamesetwatch.com/2007//column_beyond_tetris_minesweep.php
http://www.techradar.com/news/gaming/the-most-successful-game-ever-a-history-of-minesweeper-596504 
http://jamelblog.wordpress.com/2009/03/12/cara-bermain-minesweeper-yang-baik-dan-benar/

Sabtu, 13 April 2013

Softskill, Metode : Use Case, Activity, Sequence

Use Case
Use case menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Sebuah Use case mempersentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem contoh proses login ke sistem. Use case diagram menjelaskan manfaat sistem dilihat menurut pandangan orang yang berbeda diluar sistem(actor).

Activity
Activity menggambarkan berbagai alir aktifitas dalam sistem yang sedang dirancang, mulai dari mana berawal ,kemungkinan yang bisa terjadi dan bagaimana berakhirnya serta menggambarkan proses yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. A¬¬¬¬ctivity diagram tidak menggabarkan perilaku internal sebuah sistem tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur aktivitas dari level atas secara umum Contoh:

Sequence
Sequence menggambarkan interaksi antara objek di dalam dan di sekitar sistem dan digunakan untuk menggambarkan sekenario, tipe diagram ini memperlihatkan tahapan-tahapan yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan use case.


Proposal lebih lengkap, dapat anda download pada link berikut :
Klik